Home » Profil

Profil

 

Sekilas Pandang

Menghasilkan tenaga siap pakai saja tentu dapat dilakukan di banyak lembaga-lembaga pendidikan tetapi menghasilkan tenaga ahli dalam bidangnya adalah tujuan Sekolah Pascasarjana Universitas Widyatama. Oleh karena itu, mulai dari kurikulum, praktek lapangan, penyediaan tenaga ahli dan praktisi pengajar di bidangnya serta kerja sama dengan stakeholder terkait adalah prioritas kami. Semuanya kami kemas dalam modul komprehensif untuk tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Sejarah Pendirian

Sejalan dengan visi dan misi mencerdaskan kehidupan bangsa, Universitas Widyatama turut berperan dan memberikan sumbangan aktif dan konsisten dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia dengan menyelenggarakan pendidikan pascasarjana. Pada tahun 2000, Universitas Widyatama mulai merintis program pendidikan pascasarjana dengan membentuk Program Magister Manajemen. Berdasarkan Surat Keputusan Badan Pengurus Yayasan Widyatama Nomor: 135/SK/D.01/B.PENG/2015 Tentang Struktur Organisasi dan Kedudukan Sekolah Pascasarjana Universitas Widyatama tertanggal 23 Juli 2015 bahwa Program Magister Akuntansi, Program Magister Manajemen dan Program PPAk berada dibawah naungan Sekolah Pascasarjana UTama. Adapun letak dari Sekolah Pascasarjana UTama yaitu di Jalan PHH. Mustofa 59 Bandung. Sekolah Pascasarjana UTama adalah salah satu organ Universitas Widyatama yang berperan mengelola seluruh pendidikan pascasarjana. Sekolah Pascasarjana UTama ditujukan untuk menghasilkan peneliti dan tenaga pengajar yang mampu melakukan, mengelola penelitian dan pengembangan ilmu-ilmu, serta mampu menjadi manajer dan birokrat profesional dibidangnya.

 

Sejarah Kepengurusan

Awalnya bernama Program Pascasarjana yang terdiri dari pengelolaan Magister Manajemen, Magister Akuntansi, dan Pendidikan Profesi Akuntansi yang di bagi ke dalam program studi Magister Manajemen dengan satu orang ketua program dan satu orang sekretaris program, program studi Magister Akuntansi dan Pendidikan Profesi Akuntansi dengan satu orang ketua program dan dua orang sekretaris program. Kedua program studi tersebut berjalan secara simultan dalam pengelolaan masing-masing fakultas, dimana Magister Akuntansi dan Pendidikan Profesi Akuntansi berada di bawah Fakultas Ekonomi kemudian Magister Manajemen berada di bawah Fakultas Bisnis dan Manajemen. Sejak tahun 2015, pengelolaannya berubah menjadi Sekolah Pascasarjana yang dipimpin oleh seorang Direktur dan Wakil Direktur, sehingga terpisah dari fakultasnya induknya.

 

Visi

  • Tumbuh untuk menjadi pendidikan pascasarjana kelas dunia

 

Misi

  • Untuk mempersiapkan lulusan untuk menjadi profesional yang mampu berpikir integratif dan memiliki pandangan global yang bekerja dengan konsep global terbaru dan adaptasi terhadap praktek-praktek lokal dipandu oleh nilai DJITU
  • Untuk mengembangkan praktik pengetahuan yang berlaku didasarkan pada konsep-konsep universal yang kontekstual diperoleh dari penelitian dan pengajaran serta kolaborasi antara peserta didik, staf akademik, alumni dan industri
  • Untuk menyebarkan dan menerapkan pengetahuan dan praktek yang berlaku dalam rangka meningkatkan kehidupan organisasi dan masyarakat melalui kontribusi mereka terhadap kualitas hidup

 

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan pascasarjana dibidang program studinya yang profesional dan berkarakter baik serta mampu bersaing di tingkat nasional dan global.
  • Mengembangkan, melakukan dan menghasilkan penelitian yang didasarkan pada konsep – konsep universal.
  • Melakukan, menyebarkan dan menerapkan pengetahuan dan praktek yang berlaku untuk masyarakat.

 

Kebijakan Strategis

  • Pemantapan & peningkatan kemampuan organisasi SPS UTAMA

Persamaan pola pikir terhadap SPS UTAMA, sosialisasi visi, misi dan sasaran disetiap kesempatan, pengembangan kepemimpinan unit organisasi SPS UTAMA, lebih fokus kepada sentralisasi administrasi dan desentralisasi akademik antara universitas dan SPS UTAMA serta memantapkan organisasi SPS UTAMA.

  • Peningkatan sistem manajemen mutu internal

Peningkatan mutu seluruh proses bisnis SPS UTAMA, dengan ISO 9001:2008, pendekatan SQA (Singapore Quality Award) dan Implementation Knowledge Management (sharing antar dosen) dan mengembangkan sistem manajemen berbasis pada aplikasi ICT . Peningkatan Akreditasi Nasional.

  • Peningkatan mutu dosen, mahasiswa dan proses belajar mengajar

Pengembangan keprofesian dosen dibidangnya, pengembangan jenjang pendidikan S3, proses pembelajaran, E Learning (Learning Management System), pengembangan isi/ content mata kuliah, evaluasi mahasiswa, kerjasama perkuliahan dengan pasca universitas lain, Pengembangan Kurikulum sesuai arah & kebijakan pemerintah dan kebutuhan user. Pengembangan mutu proses belajar mengajar.

  • Pembelajaran character building untuk entrepreneurship

Pembelajaran karakter dimulai dari relasi dengan diri sendiri, manajemen diri, self evaluation, karakter hubungan sosial (hubungan dengan orang lain), relasi dengan orang lain, relasi dengan pengetahuan, profesi, etika dalam merespon pengembangan pengetahuan, impelementasi pengetahuan dan teknologi serta relasi dengan Tuhan. Pengakuan Achievement mahasiswa selama studi di SPS UTAMA selain kurikulum yang tercantum di ijazah yaitu SKPI (Surat Keterangan Pelengkap Ijazah)

  • Manajemen penelitian, pengabdian masyarakat dan professional services

Pengelolaan penelitian, kerjasama penelitian, meningkatkan kualitas & kuantitas publikasi dosen , pelayanan keprofesian dosen kepada masyarakat, pemerintah serta industri dengan basis loyal pada negara.

  • Manajemen dosen & tenaga kependidikan

Mengembangkan sistem manajemen dosen berbasis pada standar kompetensi profesional, kepribadian, sosial dan pedagogy & mendesain ulang status dosen tetap dan tidak tetap sesuai kebijakan terkini; mengembangkan sistem manajemen tenaga kependidikan yang berorientasi pada kompetensi dan kinerja.

  • Kerjasama eksternal & internal serta internationalization

Internationalitation: Peningkatan kemampuan dosen & tenaga kependidikan dalam berbahasa Inggris, Student Mobility: Student Abroad, Internship, perkuliahan antar sekolah pascasarjana, seperti teleconference, menyiapkan untuk akreditasi international.

  • Utilisasi, efektifitas manajemen fasilitas, sarana dan prasarana, serta pemanfaatan ICT

Penataan kembali ruang kerja sasuai dengan struktur organisasi, mengembangkan sistem manajemen berbasis pada aplikasi IT, sistem pembagian kelas, penjadwalan dan laboratorium, sistem manajemen fasilitas yaitu : Pencatatan Procurement, Inventarisasi (data base) asset tangible SPS UTAMA, Penilaian asset, Operasi dan Pemanfaatan asset, Maintenance, Rejuvination dan Laporan Aset dibawah SPS UTAMA.